Tentang Desa Tanjung Pasir

1.      Gambaran Umum Wilayah
Desa Tanjung Pasir termasuk dalam wilayah administratif Desa,Desa Tangerang. Desa ini terletak pada koordinat 6° 1 00 - 6° 2 00 LS dan 106° 380 - 106° 41 20 BT. Secara geografis, desa ini termasuk ke dalam wilayah pesisir karenaletaknya yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Berikut adalah batas-batas wilayah Desa Tanjung Pasir :
Sebelah Utara : Laut Jawa
Sebelah Selatan : Desa Tegal Angus
Sebelah Barat : Desa Tanjung Burung
Sebelah Timur : Desa Muara
Jarak Desa Tanjung Pasir dari pusat pemerintahan kecamatan sekitar 7 km, sedangkan jarakdari ibu kota Desa berjarak 21 km. Secara administrasi, desa Tanjung Pasir terbagi ke dalam 7 (tujuh) wilayah kemandoran atau kampung yaitu : Kampung Tanjung Pasir Barat,Tanjung Pasir Timur, Sukamanah Barat (empang), Garapan, Gagah Sukamanah, Sukamulya1 dan Kampung Sukamulya 2.Total jumlah Rukun Warga (RW) di Desa Tanjung Pasir adalah 14 RW dan 31 RT. Secara geografis, wilayah Desa Tanjung Pasir yang memiliki risiko tinggi terhadap dampakperubahan iklim adalah Kampung Garapan yang merupakan wilayah RW VI dengan jumlahRukun Tetangga sebanyak 5 RT. Dampak perubahan iklim ini ditandai dengan seringnya banjir di pemukiman warga akibat pasang tinggi sehingga hal tersebut sangat meresahkanwarga.

Potensi Sumberdaya Manusia
Jumlah penduduk Desa Tanjung Pasir seluruhnya adalah 9.168 jiwa yang terdiri dari 4.538 jiwa laki-laki dan 4.630 jiwa penduduk perempuan. Dari keseluruhan warga tersebut terdapat 2.309 KK. Jumlah penduduk ini makin lama makin bertambah. Tingkat kemiskinan di Desa Tanjung Pasir tergolong cukup tinggi. 
Potensi Perekonomian



Secara umum kehidupannya dari sebagai nelayan.Sektor perikanan merupakan mata pencaharian utama warga Desa Tanjung Pasir.Sebagian besar dari warga mengandalkan dari hasil laut sebagai penopang kehidupan keluarganya.mengembangkan perindustrian ikan asin hal ini dikarenakan keuntungan yangdiperoleh lebih besar dari pada menjual ikan segar .